🔔 Aktifkan notifikasi. disini Google News

5 Tips Sederhana Supaya kamu bisa bangun lebih awal

Bangun pagi memang bikin tubuh sehat dan lebih fresh. Namun tidak semua orang bisa bangun pagi. Yuk simak Tips ampuh bisa bangun pagi

Bangun Woe.. Bangun udah siang Tuh. Bagi sebagian orang bangun pagi merupakan hal yang sulit atau bahkan mustahil untuk dilakukan. Sering kali terbangun dan matahari sudah muncul lumayan tinggi. Akibatnya kita akan melakukan sesuatu dengan tergesa gesa. Hingga nantinya malah berdampak buruk. Apa kamu pernah mengalaminya? Saya pun pernah mengalaminya. Nah untuk itulah kami suguhkan artikel 5 Tips Sederhana Supaya kamu bisa bangun lebih awal.

Pertama yang harus kamu lakukan adalah Tidur lebih awal

Cara pertama yang harus kamu lakukan supaya bisa bangun pagi adalah dengan tidur lebih awal. Pastinya kamu akan sulit bangun lebih awal jika begadang. Maka cobalah untuk tidur lebih awal. Jadi kamu tidak akan berat bangun ketika alarm berbunyi. Apabila kamu merasa sulit tidur cobalah untuk membaca buku yang berisi pembahasan berat. Atau kamu juga bisa mendengarkan musik. Alunan musik yang menenangkan bisa membuat kamu mengantuk dan tidur lebih cepat. Cara itu sangat efektif bagi beberapa orang untuk membuat tidur lebih cepat. Sehingga kamu tak akan kesulitan bangun lebih awal.

Namun apabila kamu memiliki gangguan tidur seperti insomnia yang membuat kamu terjaga sepanjang malam hingga kurang tidur lalu tidak bisa bangun lebih awal coba cek kondisi tersebut ke dokter. bisa jadi kamu memiliki ganguan kesehatan yang memang harus segera diobati.

Namun aku ada cara sederhana yang memudahkan kita untuk tidur, yaitu dengan metode 4-7-8

berbaringlah dan biarkan tubuh kamu benar-benar terasa nyaman dan Rileks, kemudian Tarik Nafas selama 4 detik, kemudian tahan 7 detik dan buang secara perlahan selama 8 detik. lakukan cara ini beberapa kali sampai tubuh dan pikiran benar-benar Rileks. Teknik pernapasan 4-7-8 adalah teknik bernapas yang dilakukan dengan cara menarik napas selama 4 detik, menahannya selama 7 detik, lalu menghembuskannya selama 8 detik. Teknik ini diciptakan oleh Dr. Andrew Weil, seorang profesor di fakultas kedokteran University of Arizona.

Dr. Weil merekomendasikan untuk tidak mengulangi teknik ini lebih dari 4 kali dalam satu sesi kecuali jika memang sudah terbiasa melakukan teknik ini.

Namun jika cara diatas tetap tidak bisa, gunakan cara berikutnya

Letakan alarm sedikit jauh dari tempat tidur

Sedang enak tidur tapi dikejutkan dengan suara alarm memang cukup menyebalkan. Sebab itu pula kita pasti akan langsung menekan tombol tunda tanpa basa basi. Tentu itu bertujuan supaya kamu bisa tidur lebih lama walau hanya beberapa menit saja. Namun cara itu kurang efektif jika kamu ingin bangun pagi. Agar membiasakan terbangun lebih pagi. Cobalah untuk meletakan alarm jauh dari tempat tidur atau minimal tidak dapat dijangkau oleh tangan. Hasilnya ketika pagi alarm berbunyi kamu otomatis akan terbangun dan terpaksa beranjak dari tempat tidur untuk mematikan alarm tersebut. Jika sudah begitu biasanya kamu akan sedikit sulit untuk tidur kembali. Dengan begitu kamu akan terbiasa bangun lebih awal dan tidak kesiangan.

Hindari makan berat sebelum tidur

Trik lainnya supaya kamu dapat terbangun lebih awa adalah dengan menghindari makan makanan berat sebelum tidur. Apakah kamu tahu makan sebelum tidur dapat berpengaruh pada kualitas tidur? Mengonsumsi makanan berat sebelum tidur dapat menyebabkan tubuh yang harusnya beristirahat malah sibuk memproses makanan yang baru saja dimakan. Jika memang merasa lapar pada malam haru lebih baik mengonsumsi makanan yang sehat. Selain itu hindari makan makanan yang mengandung stimulan seperti kafein. Kafein akan membuat kamu terjaga. Akibatnya niat untuk bangun lebih awal pun menjadi sirna karna terjaga semalaman. Selain itu hindari makan makanan pedas dan berlemak itu dapat memicu gejala asam lambung naik sehingga tidur menjadi tidak nyenyak.

Kurangi bermain gadget sebelum tidur

Seorang peneliti mengatakan bahwa cahaya pada lampu gadget dapat menghambat produksi melatonin, yaitu hormon yang mengatur waktu tidur. Tak hanya itu menggunakan gadget sebelum tidur juga bisa menyebabkan kamu sulit bangun pada pagi hari meski sudah selama 8 jam. Maka dari itu hindari bermain gadget setidaknya 30 menit sebelum tidur. Selain itu tidurlah dengan suasana yang tenang agar tidur menjadi lebih nyenyak.

Siapkan diri saat ingin tidur

Agar tidur menjadi lebih tenang dan nyaman kamu juga harus mempersiapkan diri saat akan tidur. Salah satunya dengan tidak memikirkan hal hal yang berat seperti pekerjaan atau masalah lain. Atau kamu bisa membayangkan hal yang menyenangkan. Dan jangan lupa untuk berdoa sebelum tidur supaya tidak bermimpi buruk. Saat tertidur lalu bermimpi buruk kita biasanya akan terbangun dan sulit tertidur kembali hasilnya niat untuk bangun lebih awal hancur.

Oke Sob, itu saja  5 Tips Sederhana Supaya kamu bisa bangun lebih awal. jika kamu sudah melakukan semua tips diatas namun tetap tidak bisa tertidur, gunakan Tips Pamungkas ini. Tips yang paling ampuh dan paling TOP. silahkan kamu keluar kamar, ambil wudhu kemudian sholat 2 Rokaat dan bacalah Qur’an, maka dengan sendirinya kamu akan mengantuk dan akhirnya tidur lelap.

5 Tips Sederhana Supaya kamu bisa bangun lebih awal
5 Tips Sederhana Supaya kamu bisa bangun lebih awal

Harga : *Belum termasuk Ongkos kirim
Pesan via whatsapp Pesan via Email
Baca juga :

Mau donasi lewat mana?

BRI - Warsito (38940-10507-29535)

Mandiri - Warsito (1370-0182-86605)

BSI - Warsito (7153-4266-72)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol merah.

About the Author

Paling Kepo dengan Informasi seputar Technology dan terobosan Bisnis. I'm a Freelance and Content Creator.

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan tutur bahasa yang baik!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.