🔔 Aktifkan notifikasi. disini Google News

Android Vs iOS Bagusan Mana ? Mana Yang Lebih Baik Diantara Keduanya

Terkadang kita suka bingung dan salah paham dalam membedakan Operasi sistem pada smartpone kita. Simak artikel iOS Vs Android OS bagusan mana


iOS vs Android OS
- OS atau Operasi System merupakan bagian terpenting dari Ponsel Pintar, Sistem operasi mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak smartphone. Saat ini Perangkat Lunak terlaris atau yang paling banyak digunakan di seluruh dunia yaitu iOS punya Apple dan Android Punya Google. Namun pernahkan kalian berfikir diantara keduanya bagusan yang mana sih ? lebih aman yang mana dan lebih worthed yang mana. Oke kita akan membahasa 

iOS vs Android OS Bagusan Mana ? Mana Yang Lebih Baik Diantara Keduanya

Dikembangkan oleh Google, kebanyakan orang menganggap teknologi Droid revolusioner karena teknologi open source memungkinkan orang untuk menulis kode program dan aplikasi untuk sistem operasi, yang berarti Android terus berkembang.

Apple selalu berinovasi, dan iOS memungkinkan layar iPhone digunakan secara sederhana dan logis. Disebut-sebut oleh Apple sebagai "sistem operasi seluler tercanggih di dunia", iOS mendukung lebih banyak akses dari skor olahraga hingga rekomendasi restoran.

iOS 

iOS merupakan sistem operasi seluler yang disediakan oleh Apple Incorporation. OS ini dirancang untuk perangkat seluler Apple seperti iPhone dan iPod Touch. Itu sebelumnya dikenal sebagai iPhone OS. OS ini merupakan sistem operasi seluler kedua yang paling banyak digunakan di dunia setelah Android. Ini terutama ditulis dalam C, C++, Objective-C, bahasa assembly, dan Swift. Versi pertama iOS diluncurkan pada tahun 2007.

Android OS

Android OS merupakan sistem operasi seluler yang disediakan oleh Perusahaan Google LLC. Itu didasarkan pada versi modifikasi dari kernel Linux dan perangkat lunak sumber terbuka lainnya. Ini dirancang khusus untuk perangkat seluler layar sentuh seperti smartphone dan tablet. Itu dikembangkan menggunakan C, Java, C ++, dan bahasa lainnya. Versi Android pertama diluncurkan oleh Google pada tahun 2008. Versi Android stabil terbaru adalah Android 10. 

Kesamaan Antara iOS dan Android OS

Beberapa kesamaan antara iOS dan Android adalah sebagai berikut −

 

  • Fungsi dasar di iOS dan Android sama. Baik ponsel iOS dan Android memiliki panggilan, perpesanan, penelusuran web, obrolan video, peta, perintah suara, dll.
  • Antarmuka pengguna iOS dan Android memiliki banyak kesamaan. Keduanya mendukung menggesek, mengetuk, mencubit dan memperbesar dll di layar ponsel mereka.
  • Ada bilah status di perangkat iOS dan Android dan menawarkan informasi serupa seperti masa pakai baterai, waktu, pemberitahuan aplikasi, wifi, dll.
  • Jaringan seluler 4G sampai saat ini dapat dinikmati di perangkat iOS dan Android. Ini sangat penting karena jaringan seluler sangat penting untuk berselancar di internet.
  • Pengaturan privasi sangat penting di iOS dan Android. Pengguna diberi izin aplikasi karena ini mengurangi risiko kebocoran data.

 

Perbedaan Antara iOS dan Android OS

Beberapa perbedaan antara iOS dan Android adalah sebagai berikut −

 

  • iOS adalah sistem tertutup sedangkan Android lebih terbuka. Pengguna atau user hampir tidak memiliki izin sistem di iOS namun di Android, pengguna atau user dapat menyesuaikan ponsel mereka dengan mudah.
  • OS Android tersedia untuk banyak produsen ponsel pintar seperti Samsung, LG, dll. Dan hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah kualitas untuk ponsel yang lebih murah. Namun, iOS dikontrol secara ketat oleh Apple dan tidak ada masalah kualitas karena hanya ada sedikit model.
  • Aplikasi Android diperoleh dari Google Play sementara aplikasi iOS tersedia di toko aplikasi Apple.
  • Integrasi dengan perangkat lain lebih baik di Apple iOS dibandingkan dengan Google Android.
  • Sama-sama memiliki Asisten suara namun berbeda, untuk iOS ada Siri dan Google Assistant. Namun Google Asisten jauh lebih kuat daripada Siri.
  • Kecepatan lari perangkat iOS tetap konsisten dengan waktu. Sebaliknya, kinerja perangkat Android dapat menurun seiring waktu.

 

Dari Segi Budget antara iPhone dan Android Smartphone

iPhone itu mahal. Intinya, iPhone SE generasi ketiga mulai dari $429. IPhone termahal — tidak termasuk simbol status seperti Falcon Supernova iPhone 6 Pink Diamond Edition seharga $48,5 juta — adalah iPhone 13 Pro Max, yang unggul dengan segala fasilitasnya (termasuk drive 1TB) seharga $1.599.

Di sisi lain, jajaran Google Pixel terbaik dari yang terbaik, Pixel 6 Pro berharga $1.099. Samsung Galaxy S22 Ultra kelas atas akan dijual seharga $ 1.299. Tetapi Anda dapat membayar jauh lebih sedikit untuk ponsel Android yang dapat diservis dengan sempurna.

Secara teori, orang bersedia membayar premi untuk sebuah iPhone. Sebuah studi baru-baru ini menemukan, "87% remaja memiliki iPhone, dan 88% berharap iPhone menjadi ponsel mereka berikutnya." Namun, permisi, jika menurut saya sebagian besar remaja yang mereka wawancarai berbohong. Mereka mungkin menginginkan iPhone karena "keren", tetapi menginginkan dan mampu membeli adalah dua hal yang sangat berbeda.

iPhone Lebih Populer dibandingkan Android

Memang benar, iPhone tampaknya lebih populer daripada ponsel Android di Amerika Serikat, tetapi selisihnya hanya sekitar dua banding tiga, bukan sembilan banding 10. Hal ini didasarkan pada Program Analisis Digital (DAP) pemerintah AS, yang menyediakan kami dengan hitungan berjalan dari teknologi yang digunakan oleh pengunjung dalam 90 hari terakhir kunjungan situs web pemerintah AS. Namun untuk di Indonesia saya rasa Android jauh lebih Populer dibandingkan dengan iPhone, dari sekian ratus Orang yang saya jumpai sebagian besar dari mereka menggunakan Ponsel dengan OS Android.

Pilih Ponsel Pintar dengan OS Android atau iOS ? Mana Yang Lebih Baik ?

Jadi, mana yang tepat untuk Anda? Saya sarankan Anda memilih smartphone yang paling sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda. Tidak ada jawaban yang sederhana dan cocok untuk semua yang berlaku untuk semua orang. Seperti yang saya katakan di awal, kedua ekosistem ponsel ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika Anda menggunakan perangkat Android dan berpikir Anda lebih suka pindah ke iPhone, inilah panduan peralihan Android-ke-iPhone kami. Jika Anda menggunakan iPhone dan ingin beralih ke Android, kami juga memiliki panduan untuk itu.

Itu benar-benar tergantung pada anggaran atau Budget Anda dan apa yang paling penting bagi Anda. Bagi saya, jawabannya adalah Android, tetapi saya tidak akan melarang Anda jika Anda lebih suka iPhone. Semuanya kembali kepada Pribadi kita masing-masing, sesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anggaran kita. Kalau kamu termasuk orang yang tidak masalah dengan keuangan mungkin kamu bisa memilih iPhone. 


Android Vs iOS Bagusan Mana ? Mana Yang Lebih Baik Diantara Keduanya
Android Vs iOS Bagusan Mana ? Mana Yang Lebih Baik Diantara Keduanya

Harga : *Belum termasuk Ongkos kirim
Pesan via whatsapp Pesan via Email
Baca juga :

Mau donasi lewat mana?

BRI - Warsito (38940-10507-29535)

Mandiri - Warsito (1370-0182-86605)

BSI - Warsito (7153-4266-72)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol merah.

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan tutur bahasa yang baik!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.
AshwaMedia.com Welcome to WhatsApp chat
Halo! Apa yang bisa kami bantu hari ini?
Type here...