🔔 Aktifkan notifikasi. disini Google News

Ini Lho Bunda! 8 Kesalahan yang harus dihindari saat menerapkan pola tidur bayi

Hello Ayah Bunda, Selamat ya baru punya dedek Bayi, gemes lucu tapi Ayan Bunda harus sering-sering begadang hehe. 8 kesalahan pola tidur bayi ....
Mr. Hello

Ini Lho Bunda! 8 Kesalahan yang harus dihindari saat menerapkan pola tidur bayi

Sebagai orang tua baru, Anda mungkin masih kesulitan menyesuaikan diri dengan rutinitas bayi Anda yang kebanyakan diisi dengan menyusu dan tidur. Sebaiknya orang tua menerapkan cara tersebut agar ritme tidur bayi menjadi lebih teratur. dalam artikel ini kita akan membahas 8 Kesalahan yang harus dihindari saat menerapkan pola tidur bayi. Ayah Bunda Wajib baca artikel ini.

Berikut  8 kesalahan yang harus dihindari saat menerapkan pola tidur bayi. 

1. Rutinitas waktu tidur yang tidak merata 

Agar bayi cepat tertidur, orang tua menggoyangnya hari ini, memukulnya besok  dan menaruhnya di bemper keesokan harinya. Orang tua menggunakan berbagai cara untuk membuat anak cepat tertidur. Menurut pakar SG Supernanny dan parenting coach Zoe Chu, banyak orang tua yang bingung bagaimana cara menidurkan bayinya. Gangguan ini justru membuat bayi sulit tidur. 

Orang tua harus menemukan cara  yang konsisten untuk membuat anak tidur. Karena bayi Anda perlu belajar melalui pola tidur yang diatur oleh orang tua. 

Jika orang tua melakukan rutinitas, seperti mengusap tubuh bayi dengan air hangat, mendengarkan musik lembut kemudian tidur, lakukan urutan ini secara konsisten setiap malam agar pola tidur bayi menjadi teratur. 

2. Membawa teman tidur 

Jangan mengambil boneka dari teman tidur, agar ritme tidur bayi tidak terganggu. Anak Anda bergantung pada benda-benda untuk  tidur, seperti boneka besar atau dot. Kemudian, ketika dia tertidur, orang tuanya mengambil "teman" tidurnya dengan dalih takut mengganggu tidurnya. 

Hal ini  pasti akan membuat bayi Anda menangis karena merasa sahabatnya telah tiada. Jika Anda  ragu untuk membiarkan bayi Anda tidur dengan "teman" yang sedang tidur, sebaiknya jangan biarkan dia tidur sebelum waktu tidur. 

Dan jika dia menangis? Jangan khawatir, lama kelamaan dia akan menyadari bahwa dia tidak lagi memiliki barang tersebut. Hindari memberi anak Anda harapan palsu. 

3. Menggendongnya setiap kali bayi menangis 

Agar ritme tidur bayi teratur, sebaiknya orang tua tidak mengejarnya saat ia terbangun menangis di tengah malam.  Apakah orang tua langsung khawatir ketika mendengar bayi menangis di tengah malam? Ah, wajar saja, semua orang tua merasakan hal yang sama denganmu. 

Orang tua juga harus tahu bahwa bayi yang menangis di tengah malam adalah hal yang normal, meskipun setiap bayi memiliki ritme tidur yang berbeda. Bergegas ke pelukan setiap anak yang menangis bukanlah cara yang tepat. 

Bayi yang bangun dan menangis seringkali merasa tidak nyaman. Orang tua hanya perlu memeriksa ketidaknyamanan apa yang dialami anak Anda. 

Apakah dia lapar, basah, digigit nyamuk atau kepanasan? Babywearing bukan lagi solusi untuk bayi yang menangis. Belum tentu bayi menangis, karena ia  tidak lagi tidur. Pastikan saja berapa lama  bayi Anda tidur. 

4. Menidurkan bayi dengan tergesa-gesa 

Hindari  kesalahan saat menerapkan mode tidur bayi. Ciptakan rutinitas nyaman yang  akan membantu anak Anda tertidur lebih cepat. Bayi Anda tertidur tetapi masih terlihat segar dan penuh energi untuk bermain. Membujuk bayi Anda  untuk  tidur dan menciptakan suasana mengantuk tanpa rutinitas waktu tidur akan membuat bayi Anda protes. 

Dia bertanya-tanya mengapa dia tidak melakukan rutinitas  tidur siangnya meskipun Anda  membawanya ke kamar tidur. Menurut Zoe Chu, menidurkan anak membutuhkan proses yang santai, menyenangkan, dan damai. Jangan buru-buru  anak tidur, apalagi jika orang tuanya sangat cemas. Anak Anda akan merasakan kecemasan Anda. 

Beri diri Anda dan anak Anda setidaknya 20-30 menit untuk bersiap-siap tidur. 

5. Ritme tidur gelisah setelah kembali bekerja 

Ibu  bekerja biasanya kesulitan mengatur waktu tidur dan ritme tidur bayi. Apalagi jika Anda tidak pulang sampai  larut malam. Bayi yang begadang sampai tengah malam biasanya suasana hatinya lebih buruk. 

Salah satu solusinya: Orang tua sebaiknya mengerjakan pekerjaan  kantor lebih cepat agar  tidak pulang terlalu malam. Karena Anda membutuhkan waktu tidur hingga 8 jam untuk memiliki tubuh yang bugar. 

6. Membebaskan ritme tidur bayi 

Anggapan bahwa bayi memiliki ritme tidur  alami sangatlah salah. Bagi para orang tua yang masih percaya dengan premis ini,  ciptakan pola tidur bayi Anda sekarang! 

Bayi membutuhkan bantuan Anda untuk mengajari mereka ritme tidur yang benar dan menciptakan lingkungan tidur yang menyenangkan bagi mereka. Cara tidur alami bayi  berbahaya bagi pertumbuhan dan perkembangannya. 

7. Semoga bayi baru lahir tidur lama 

Ukuran perut bayi baru lahir masih sangat kecil, sehingga  mudah lapar. Artinya anak tidak tidur dalam waktu  yang lama. Dia lebih sering bangun, tetapi ketika perutnya penuh, dia juga mudah tidur kembali. 

Ketika bayi bertambah besar, waktu tidurnya bertambah, karena ia sudah dapat mengumpulkan banyak ASI di perutnya yang kecil. Sudah menjadi tanggung jawab orang tua untuk terus memastikan situasi tidur yang  nyaman. 

8. Terlalu banyak praktek teori 

Orang A mengatakan bahwa cara cepat menidurkan bayi adalah seperti ini. Orang B mengatakan lebih cepat menggunakan metode ini. Ah, tapi  buku C mengatakan cara menidurkan bayi memang seperti ini. 

Jangan khawatir, orang tua tidak perlu menerapkan semua teori agar bayi cepat tidur. Sekali lagi, Anda harus ingat bahwa setiap bayi memiliki pola tidur  yang berbeda. Gunakan naluri keibuanmu untuk mengasuh anakmu. Hanya Anda yang hampir 2 jam bersama bayi Anda yang bisa "membaca", membuatnya lebih mudah dan  nyaman untuk tertidur. Dan bayi Anda perlu waktu untuk terbiasa dengan cara Anda menidurkannya. 

*** 

Mengetahui kesalahan-kesalahan  yang bisa dilakukan orang tua saat menerapkan ritme tidur bayi, semoga sekarang jadwal tidur bayi Anda  teratur. Kalau kamu punya trik untuk membantu bayi  tidur lebih cepat, jangan lupa share di kolom komentar ya.

Ini Lho Bunda! 8 Kesalahan yang harus dihindari saat menerapkan pola tidur bayi
Ini Lho Bunda! 8 Kesalahan yang harus dihindari saat menerapkan pola tidur bayi

Harga : *Belum termasuk Ongkos kirim
Pesan via whatsapp Pesan via Email
Baca juga :

Mau donasi lewat mana?

BRI - Warsito (38940-10507-29535)

Mandiri - Warsito (1370-0182-86605)

BSI - Warsito (7153-4266-72)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol merah.

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan tutur bahasa yang baik!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.