🔔 Aktifkan notifikasi. disini Google News

10 Destinasi Wisata di Jawa tengah yang wajib kamu kunjungi !

Jawa tengah, selain kaya akan seni dan budaya juga memiliki banyak destinasi wisata yang wajib untuk kita kunjungi ketika berkunjung ke jawa tengah

Jawa Tengah merupakan provinsi yang terletak dibagian tengah pulau jawa. Dan karena letaknya di tengah- tengah seringnya menjadi rest area bagi yang melakukan perjalanan dari jawa timur ke jawa barat. Tidak hanya menjadi rest Area saja, Jawa tengah juga menjadi tujuan para wisatawan untuk mengisi waktu libur mereka yaitu dengan berwisata. 

Wilayah jawa tengah memiliki banyak kawasan yang sangat Indah dan menarik bagi setiap mata yang memandang, Untuk itu tak hewan jika para wisatawan memutuskan untuk berlibur di Jawa tengah, Saking banyaknya Destinasi wisata yang begitu indah dan menarik, rasanya akan sangat panjang jika kita bahas disini.

Berikut 10 Destinasi Wisata di Jawa tengah yang wajib kamu kunjungi !

1. Air Panas Guci

Wisata ini terletak di Tegal, Jawa tengah tepatnya di kaki gunung Slamet, dengan jarak tempuh 40 KM kearah selatan dari kota tegal atau 30 KM dari slawi. Wisata air panas guci ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Di dalam wisata air panas guci juga terdapat kolam renang air panas, wisata hutan, penginapan, perkemahan, lapangan tenis dan sepak bola.

2. Dieng

Dieng berlokasi 30 KM dari Wonosobo. Dieng ini berupa dataran tinggi yang merupakan kawasan gunung api raksasa yang memiliki beberapa kawah dan candi- candi hindu kuno. Berada pada ketinggian 2000 meter, memiliki suhu yang sangat dingin. Pada siang hari suhu udara mencapai 15°C, dan ketika malam hari mencapai 10°C. Tempat wisata Dieng ini dikelola bersama- sama oleh kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara.

3. Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia, dan tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dari mancanegara. Candi Borobudur merupakan candi Budha yang paling besar di dunia sehingga banyak menarik wisatawan dari mancanegara. Wisata ini terletak 40 KM barat laut kota Yogyakarta, memiliki relief Budha yang paling lengkap. Dibangun pada 770 masehi sebagai tempat beribadah.

4.Kepulauan Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa terletak disebelah utara kota Jepara dan Semarang. Terdiri dari 27 pulau dan yang berpenghuni hanya 5 pulau saja. Tempat wisata ini terkenal akan keindahan laut dan pantai selain itu juga sebagai tempat wisata paling terkenal di Jawa tengah.

5. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa terletak di pusat kota Ambarawa, kurang lebih 20 KM dari Semarang. Dulunya merupakan stasiun kereta api yang berjaya pada masanya.
Memiliki koleksi kereta api yang unik dan lengkap, yaitu 21 kereta api uap, alat telegraf morse, telepon antik, perabotan antik dan juga bel antik. Koleksi utama kebanggaan yaitu memiliki kereta uap bergerigi yang hanya ada 3 diseluruh dunia.

6. Puri Maerokoco

Adalah taman mini versi Jawa tengah yang terletak di Semarang. Wisata ini memiliki nilai-nilai edukasi dan budaya, sehingga sangat cocok untuk anak-anak. Puri Maerokoco memiliki fasilitas wisata seperti kolam pemancingan, sepeda air, kereta, pasar apung, bianglala, perahu dan lain sebagainya. Buka mulai jam 08.00 sampai 18.00 dengan tiket masuk 10.000 perorang.

7. Pantai Marina

Pantai ini terletak di Semarang. Letaknya tidak jauh dari Bandara internasional Ahmad Yani, di pantai Marina terdapat kebun buah naga.

8. Tlogoweru

Tlogoweru adalah desa wisata yang terletak di Demak terkenal dengan burung hantunya yang sangat banyak. Asal mula terdapat burung hantu yang banyak yaitu di desa wisata ini dulunya burung hantu ini dipelihara dan di kembang biakan untuk mengendalikan hama tikus. Di Tlogoweru ini anda dapat melihat ratusan burung hantu terbang bebas.

9. Pantai Kartini

Pantai ini berlokasi di Jepara, memiliki kawasan seluas 3 hektar dan merupakan penghubung untuk berwisata ke Karimunjawa. Nama lain pantai ini adalah Pantai Pemandian karena dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Terdapat berbagai macam wahana, yaitu taman bermain anak-anak , panggung hiburan dan penyewaan perahu.

10. Masjid Agung

Masjid ini terletak di Semarang, dibangun pada tahun 2001 dan diresmikan pada taun 2006 merupakan masjid terbesar dan termegah. Bangunan masjid ini merupakan gabungan dari arsitektur Islam,Romawi dan Jawa. Masjid Agung memiiki fasilitas wisata diantaranya wisat museum, studio radio, Al-Qur’an raksasa, payung elektrik dan lain sebagainya.

Demikian beberapa rekomendasi wisata di jawa tengah bisa kamu jadikan acuan ketika ingin berlibur kesini, semoga bermanfaat. Ajak keluarga atau teman- teman untuk berkunjung!

10 Destinasi Wisata di Jawa tengah yang wajib kamu kunjungi !
10 Destinasi Wisata di Jawa tengah yang wajib kamu kunjungi !

Harga : *Belum termasuk Ongkos kirim
Pesan via whatsapp Pesan via Email
Baca juga :

Mau donasi lewat mana?

BRI - Warsito (38940-10507-29535)

Mandiri - Warsito (1370-0182-86605)

BSI - Warsito (7153-4266-72)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol merah.

About the Author

Paling Kepo dengan Informasi seputar Technology dan terobosan Bisnis. I'm a Freelance and Content Creator.

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan tutur bahasa yang baik!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.