🔔 Aktifkan notifikasi. disini Google News

Cara Menumbuhkan Semangat Belajar dan Kreatifitas Si Kecil

Belajar dalam usia dini tidak harus sama dengan pelajaran sekolah, bisa dimulai dengan menumbuhkan kreatifitas dan merangsang tumbuh kembang dan pol..
Mr. Hello

Cara Menumbuhkan Semangat Belajar dan Kreatifitas Si Kecil

Belajar di usia dini tidak selalu berkaitan dengan mata pelajaran  sekolah, tapi juga bisa menjadi keterampilan yang merangsang tumbuh kembang si Kecil. Karena sejak usia dini, perkembangan kognitif dan aktivitas fisik yang berkaitan dengan keterampilan motorik sangatlah penting. Sama pentingnya untuk mempelajari keterampilan sosial mereka karena itu akan mempengaruhi masa depan mereka. 

Terkadang anak Anda bersemangat mempelajari hal-hal di atas. Namun, biasanya ada kalanya dia tidak mau belajar sama sekali. Jalan pintas seringkali tidak dibuat untuk membangkitkan semangat belajar anak, yaitu memberikan barang yang menjadi kesukaannya. Tapi apakah itu baik dalam jangka panjang, nona? 

Cara mendidik anak agar mereka semangat belajar, jangan hanya dibujuk dengan  gadget terbaru atau dibelikan mainan yang sudah sebulan mereka incar. Namun, hal itu juga bisa dilakukan melalui langkah-langkah kreatif. Dan kelebihannya kalian juga bisa ikut dalam  pembelajaran ini. Lihat di bawah untuk cara melatih anak dengan benar.

Cara Menumbuhkan Semangat Belajar dan Kreatifitas Si Kecil

1. Mendorong Semangat Belajar Melalui Bermain 

Anak mana yang tidak suka bermain? Ternyata bermain bisa menjadi salah satu cara untuk mengasah kecerdasan anak ya bu, karena anak bisa mengembangkan kreativitas dan imajinasinya. 

Anda dapat memainkan berbagai permainan  bersama si kecil, seperti menyusun balok, menyusun puzzle sederhana sesuai usia, atau mainan lain yang mudah rusak. Permainan ini dapat mendorong anak Anda untuk berpikir kreatif sambil belajar. 

Ibu tidak selalu harus bergantung pada mainan mahal untuk menyenangkan  si kecil. Alternatif cara mendidik anak yang benar bisa di rumah hanya dengan barang bekas, imajinasi bisa lebih di poles. Rumah kardus, tong dari kaleng bekas, topeng dari karton susu atau telepon dari gelas plastik adalah  mainan yang bisa digunakan untuk belajar. 

Dan yang tak kalah pentingnya, coba ajak bunda bermain dengan si kecil ya? Perhatian dan kasih sayang orang tua merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam membesarkan anak yang baik. 

2. Manfaatkan Hal-hal di Sekitar Anda Sebagai Sarana Belajar 

Bahan Belajar Ada Dimana-mana. Banyak sekali sumber informasi yang dapat ibu dan anak perkaya pengetahuannya melalui, misalnya lingkungan alam atau kejadian sehari-hari. 

Misalnya, saat hujan,  coba jelaskan pada anak Anda tanda-tanda  hujan, penyebab hujan dan penyebab petir  saat hujan. Atau bisa juga menggunakan daun-daun kering di tanah sebagai sarana belajar. Amati bentuk dan warnanya, Anda akan melihat bahwa warna daun kering tidak sama persis satu sama lain. Kemudian tantang balita Anda untuk mencari tahu  apa yang menyebabkan daun mengering, rontok, dan berubah warna dengan video YouTube. Terakhir, gadget si kecil bisa digunakan lebih dari sekadar bermain, lho, Moms. 

3. Dapatkan fisik 

Salah satu cara untuk membuat anak Anda belajar adalah dengan membuat anak Anda aktif, ibu yang baik. Jangan biarkan dia berkeliaran di rumah sepanjang hari. Oleh karena itu, Anda dapat mendorong anak Anda untuk melakukan berbagai  aktivitas fisik yang disukainya. 

Jika anak Anda suka menari, Anda bisa membawanya ke les menari. Namun jika Anda khawatir  beraktivitas di luar rumah selama pandemi, cobalah ajak anak beraktivitas di rumah. Misalnya  senam atau yoga dengan menonton video tutorial di YouTube. Seru pastinya! 

Olahraga sangat bermanfaat untuk pertumbuhan fisik dan kecerdasan anak Anda karena dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Dengan demikian, otak menerima lebih banyak oksigen dan nutrisi, yang menjadikannya lebih baik dan  cerdas. 

Si Kecil harus melakukan aktivitas fisik minimal 60 menit setiap hari ya Bu. Anda bisa mengajaknya jalan-jalan, lari, atau bersepeda keliling kompleks. Lakukan ini setidaknya 2-3 kali seminggu. Tapi tetap pertahankan prosedurnya, Bu. 

 4. Asah kemampuan bersosialisasi 

Selain kecerdasan otak, anak Anda harus mampu berkomunikasi dengan baik. Karena pada anak usia dini, keterampilan sosial membantu mempersiapkan sekolah, meningkatkan adaptasi dengan lingkungan keluarga dan menunjang keberhasilan akademik. Untuk membuat anak mau belajar, Anda bisa berkomunikasi dengan anak atau mengajak mereka bercanda.

Jadi bu, beri bayi Anda interaksi sebanyak mungkin, oke? Saat ini, ruang lingkupnya mungkin agak terbatas  karena keterbatasan operasional. Tentunya hal ini dapat diatasi dengan bantuan teknologi. Ajak anak Anda ke berbagai pelajaran online yang menarik atau pesan taman bermain virtual bersama teman-teman Anda.

Selain empat cara melatih anak agar semangat belajar, ingat selalu untuk  memberikan pola makan yang baik dan seimbang ya bu. Makanan sehat seperti daging, telur, ikan, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran akan mempengaruhi kemampuan fokus belajar anak Anda. Manfaat lainnya tentu saja memperlancar pencernaan bayi Anda.


Cara Menumbuhkan Semangat Belajar dan Kreatifitas Si Kecil
Cara Menumbuhkan Semangat Belajar dan Kreatifitas Si Kecil

Harga : *Belum termasuk Ongkos kirim
Pesan via whatsapp Pesan via Email
Baca juga :

Mau donasi lewat mana?

BRI - Warsito (38940-10507-29535)

Mandiri - Warsito (1370-0182-86605)

BSI - Warsito (7153-4266-72)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol merah.

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan tutur bahasa yang baik!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.