🔔 Aktifkan notifikasi. disini Google News

6 Tips membeli Laptop bekas, Agar kamu tidak Rugi

Beli laptop bekas jangan ngasal, perhatikan poin-poin berikut agar kamu tidak rugi. Cara memeriksa Laptop bekas

Ashwamedia.com - Laptop saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok untuk seorang pelajar, teruntuk buat kamu yang sekolah jurusan IT ( Informatika ) dan Multimedia. Jika kita membeli laptop baru paling yang jadi pertimbangan kita hanyalah Spek saja. Namun apa jadinya jika kita hanya memiliki dana terbatas sedangkan tuntutan untuk bisa memiliki Laptop dengan Spesifikasi yang bagus. Mau tidak mau ya kita harus mencari laptop bekas dengan Spesifikasi yang bagus dan kondisi yang Oke pastinya. Berikut 6 Tips membeli Laptop bekas, Agar kamu tidak Rugi.

Yang harus kamu sediakan saat kamu mau membeli laptop bekas :

- Flashdisc

- Headset/earphone dengan jack 3.0

- Software cek keyboar

- Software Cek Hardisk

- Software Cek monitor

- Mifi atau HP yang bisa tethering

6 Tips membeli Laptop bekas, Agar kamu tidak Rugi

Sebelum kamu mulai memeriksa kondisi Laptop Bekas yang mau kamu beli nyalakan dulu laptopnya sambil kamu dengarkan baik-baik, normalnya Hardisk laptop tidak berisik, namun saat dinyalakan terdengar berisik krek-krek suara gemuruh (bukan kipas), jika Proses nyala memakan waktu lama, bisa jadi itu tanda HDD bermasalah.

1. Cek Kondisi Fisik

Poin pertama saat membeli laptop bekas cek dulu kondisi fisik, dari mulai Body, pastikan tidak retak, kalau baret wajarlah, syukur-syukur masih dalam kondisi mulus. Cek Konisi layar dari mulai permukaan pastikan tidak ada baret atau bercak warna putih atau garis. Gunakan Software cek monitor untuk memastikan kondisi warna monitor. 

Cek Juga Kondisi Keyboar apakah fungsi semua atau tidak, kamu bisa menggunakan Software Cek Keyboard. Tidak berfungsinya suatu Keyboard entah itu berapa huruf biasanya menjadi pertanda. Bisa jadi karena Kotor, bisa jadi ada Hardware laptop yang sudah mendekati Aus, untuk itu kamu musti hati-hati jika menjumpai Laptop dengan kondisi beberapa Tombol tidak Fungsi.

2. Cek Port-port mulai dari USB dan Audio

Gunakan Flashdisk yang kamu bawa untuk memastika seluruh Port USB berfungsi dengan baik, kemudian Gunakan Colokan Audio Headset untuk memastikan Port Audio berfungsi dengan baik.

3. Cek Kondisi Battery Laptop

Untuk pengecekan battery kita gunakan cara yang simpel saja, Lihat kapasitas battery ingat baik, gunakan untuk buka beberapa windows, kemudian buat mutar music, buat muter video, buka misal Photoshop atau Corel. Kemudian Close semua program dan windows, silhkan kamu restart laptop, kemudian kamu lihat kapasitas battery kalau berkurang drastis misal sebelumnya 75% tiba-tiba 50% maka bisa dipastikan battery dalam keadaan Drop.

4. Priksa Konektifitas Laptop dari mulai Wifi/koneksi Internet dan Bluetooth 

Silahkan kamu Nyalakan Tethearing di Hp kamu kemudian kamu hubungkan Wifi pada Laptop, apakah bisa nyambung atau tidak. Kemdian tidak lupa kamu cek Bluetooth dengan cara kamu nyalakn dan cobalah kamu kirim Foto dari Hp kamu ke Laptop.

5. Cek Spesifikasi Laptop

Untuk melihat spesifikasi Laptop apakah sesuai atau tidak silahkan kamu tekan Windows + R kemudian kamu ketik dxdiag kemudian akan muncul jendela windows yang menginformasikan Spek laptop yang mau kamu beli, dari mulai Windows yang digunakan, Prosesor, Bios, sampai Ram.

6. Cek Kondisi Hardisk

Jika diawal tadi kita sudah sedikit memeriksa kondisi HDD, disini kita akan melakukan pengecekan secara mendalam dengan menggunakan Software Hard Disk Sentinel. Dengan menggunakan Hardisk Sentinel kamu bisa tahu kondisi kesehatan hardisk kamu. 

Inilah 6 Tips membeli Laptop bekas, Agar kamu tidak Rugi. Setelah kamu tahu bagaimana kondisi Laptop yang mau kamu beli, kini tinggal menyesuaikan budget kamu. Yes semoga informasi ini bermanfaat buat temen-temen yangs edang mencari Laptop bekas.

6 Tips membeli Laptop bekas, Agar kamu tidak Rugi
6 Tips membeli Laptop bekas, Agar kamu tidak Rugi

Harga : *Belum termasuk Ongkos kirim
Pesan via whatsapp Pesan via Email
Baca juga :

Mau donasi lewat mana?

BRI - Warsito (38940-10507-29535)

Mandiri - Warsito (1370-0182-86605)

BSI - Warsito (7153-4266-72)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol merah.

About the Author

Paling Kepo dengan Informasi seputar Technology dan terobosan Bisnis. I'm a Freelance and Content Creator.

1 comment

  1. Makasih Bang sudah berbagi manfaat. Jadi paham kalau misal mau beli laptop 2nd. Jangan lupa mampir di Bakso Lahm Papahan ya Bang lagi banyak Promo Nih
Silahkan berkomentar dengan tutur bahasa yang baik!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.