🔔 Aktifkan notifikasi. disini Google News

WASPADA! Ini Yang Akan Terjadi Pada Tubuh Kita Jika Kurang Tidur!

Kadang karena alasan kerjaan atau kesibukan kita sering kurang istirahat bahkan lupa untuk istirahat, Ini Lho dampak pada tubuh kita apabila kurang ti
Mr. Hello

WASPADA! Ini Yang Akan Terjadi Pada Tubuh Kita Jika Kurang Tidur!

Kurang tidur seseorang seringkali disebabkan oleh stres dan gaya hidup yang tidak sehat. Padahal, kebutuhan tidur seseorang sesuai dengan kebutuhan dasar lainnya seperti makan dan bernafas. Jika gangguan tidur tidak diobati, itu dapat memiliki efek kesehatan yang negatif. 

Tidur sangat penting bagi tubuh. Saat tidur, tubuh memperbaiki dirinya sendiri, baik secara fisik maupun mental, sehingga saat bangun kita merasa segar dan siap beraksi. 

Selain itu, tidur secara khusus berkontribusi pada proses pertumbuhan dan perkembangan anak-anak dan remaja, karena pada saat tidurlah hormon pertumbuhan diproduksi. 

Apa Yang Akan Terjadi Jika Kita Kurang Tidur

Jika Anda kurang tidur, Anda bisa terlihat lelah, lemas, menguap sepanjang hari, sulit berkonsentrasi dan kejang saat tidur. Berikut beberapa penyakit yang bisa terjadi meski Anda sering kurang tidur: 

1. Insomnia dan penyakit kardiovaskular 

Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai penyakit serius. Salah satunya insomnia. Insomnia sendiri merupakan kondisi dimana seseorang sulit untuk tidur atau tidak bisa tidur dengan nyenyak. 

Jika tidak ditangani, insomnia dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, baik berupa gangguan irama jantung (aritmia), gagal jantung, atau serangan jantung. 

Ini mungkin karena tidur berperan penting dalam menjaga kemampuan tubuh untuk memperbaiki kerusakan pembuluh darah dan jantung. Oleh karena itu, orang yang kurang tidur memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. 

Selain itu, penderita insomnia berisiko lebih tinggi terkena diabetes, obesitas, stroke, kanker, dan masalah kesehatan mental seperti gangguan suasana hati dan kecemasan. 

2. Mudah sakit dan sulit sembuh 

Sistem kekebalan menghasilkan protein yang disebut sitokin. Tubuh membutuhkan protein ini untuk melawan infeksi, peradangan, dan stres. 

Sitokin dilepaskan oleh tubuh saat kita tertidur. Nah, jika kurang tidur, produksi protein ini juga menurun, sehingga kemampuan sel imun untuk melawan infeksi berkurang dan proses penyembuhan pun terhambat. 

3. Penurunan aktivitas seksual 

Penelitian telah menunjukkan bahwa pria dan wanita yang menderita kurang tidur mengalami penurunan keinginan untuk berhubungan seks dan kepuasan seksual. 

Biasanya dipengaruhi oleh kelelahan, tidur dan stres karena kurang tidur. Pada pria yang menderita sleep apnea, kondisi tersebut dapat mempengaruhi kadar testosteron tubuh, yang dapat menyebabkan disfungsi ereksi. 

4. Ingatan menurun 

Selama tidur, otak sebenarnya bekerja menyimpan apa yang telah dipelajari dan dialaminya sepanjang hari ke dalam sistem ingatan jangka pendek. Saat tidur, koneksi saraf yang mendukung ingatan diperkuat. 

Saat waktu tidur terganggu, kemampuan otak untuk mengolah dan menyimpan ingatan juga terganggu. Penelitian juga menunjukkan bahwa kurang tidur dapat merusak kemampuan otak untuk berpikir dan memproses informasi. 

Rasa kantuk akibat kurang tidur juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa orang mudah lupa dan kehilangan kemampuan untuk berkonsentrasi dan mengambil keputusan. 

5. Muncul tanda-tanda penuaan dini 

Jika kurang tidur, kulit tampak pucat dan mata bengkak. Dalam jangka panjang, kurang tidur bisa memicu berbagai tanda penuaan dini, seperti kerutan, garis halus atau kerutan di sekitar mata. 

Selain itu, studi menemukan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko jerawat. Kondisi ini disebabkan oleh peningkatan produksi hormon kortisol. 

Selain berbagai gangguan kesehatan tersebut di atas, kurang tidur juga menyebabkan tingginya angka kecelakaan lalu lintas dan kecelakaan kerja. Oleh karena itu, dampak kurang tidur terhadap kesehatan dan keselamatan tidak bisa dianggap remeh. Kurang tidur juga sering menyebabkan sakit kepala di bagian kiri, kanan atau seluruh kepala. 

Tips tidur nyenyak 

Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak: 

  • Relaksasi Sebelum tidur, Anda dapat bersantai dengan mematikan perangkat elektronik, mematikan lampu dan melakukan aktivitas santai, mis. mandi air panas, membaca dan bersantai, yang membantu tubuh. Kamu mengantuk. 

  • Konsisten Jika Anda mengurangi jam tidur selama seminggu, Anda tidak akan dapat sepenuhnya melunasi hutang tidur Anda di akhir pekan. Sebaliknya, cobalah tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Kita dapat meningkatkan kualitas tidur dengan mengikuti jadwal tidur yang konsisten. Hindari begadang di akhir pekan untuk menjaga jadwal tidur Anda. 

  • Mengalihkan Perhatian Saat Tidak Bisa Tidur Jika Anda tidak bisa tidur, cobalah bangun dan alihkan perhatian Anda sebelum tidur. Kita bisa mengalihkan perhatian kita dengan membaca, yoga, mewarnai atau menenangkan diri. Namun, hindari aktivitas yang menuntut fisik dan mental seperti pekerjaan rumah, membayar tagihan, atau bekerja di depan komputer.

WASPADA! Ini Yang Akan Terjadi Pada Tubuh Kita Jika Kurang Tidur!
WASPADA! Ini Yang Akan Terjadi Pada Tubuh Kita Jika Kurang Tidur!

Harga : *Belum termasuk Ongkos kirim
Pesan via whatsapp Pesan via Email
Baca juga :

Mau donasi lewat mana?

BRI - Warsito (38940-10507-29535)

Mandiri - Warsito (1370-0182-86605)

BSI - Warsito (7153-4266-72)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol merah.

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan tutur bahasa yang baik!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.