🔔 Aktifkan notifikasi. disini Google News

Ternyata Inilah 5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Penting untuk mengetahui penyebab insomnia agar insomnia tidak berlanjut. Pasalnya, Anda perlu menjaga kebutuhan tidur agar tubuh tetap sehat dan...
Mr. Hello

Ternyata Inilah 5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Susah tidur adalah keadaan yang membuat  sulit untuk tertidur, terbangun berkali-kali saat tidur, atau tidak dapat tertidur setelah bangun dari tidur. Kondisi ini tak hanya menghambat aktivitas  keesokan harinya, tapi juga memicu berbagai penyakit. 

5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Susah tidur malam memiliki beberapa penyebab, mulai dari gangguan tidur, kebiasaan tidur yang buruk hingga penyakit tertentu. Namun, ada beberapa hal yang  sering menjadi penyebab insomnia namun tidak dipahami, yaitu: 

1. Minum minuman berkafein sebelum tidur 

Mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh minimal 6 jam sebelum tidur dapat menyebabkan ngantuk . gangguan Ini karena kafein dapat memblokir efek adenosin,  senyawa aktif di otak yang menyebabkan kantuk. 

2. Makan sebelum tidur 

Makan sebelum tidur juga bisa membuat sulit tidur di malam hari. Hal ini bisa terjadi karena saat Anda makan, tubuh melepaskan hormon insulin untuk mengolah makanan menjadi energi. 

Proses ini dapat mengganggu ritme sirkadian atau siklus tidur Anda dan membuat Anda tetap terjaga di malam hari. 

3. Main gadget sebelum tidur 

Tanpa disadari, kebiasaan main gadget sebelum tidur bisa bikin susah  tidur, meski kamar tidur remang-remang. Pasalnya, cahaya biru yang dipancarkan layar perangkat bisa mengurangi produksi  melatonin,  hormon yang mengatur siklus tidur. 

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa cahaya biru dapat meningkatkan kewaspadaan otak dan menstimulasi fungsi kognitif, yang pada gilirannya membuat tubuh tetap terjaga dan membuat lebih sulit untuk tertidur. 

4. Stres 

Penyebab sulit tidur  malam  selanjutnya adalah stres. Stres dapat mempengaruhi durasi dan kualitas tidur, karena kondisi ini dapat meningkatkan kadar hormon kortisol dalam tubuh. 

Bahkan, detak jantung meningkat dan otot menegang, sehingga tubuh  tidak rileks dan sulit tidur. 

5. Kurangnya sinar matahari 

Meski terdengar tidak masuk akal, kekurangan sinar matahari bisa menyebabkan tidur di malam hari. Padahal, paparan sinar matahari di pagi hari bisa memperbaiki siklus tidur dan menjaga tubuh tetap terjaga sepanjang hari. Efeknya, saat malam tiba, tubuh terasa “butuh tidur”. 

Selain beberapa hal di atas, insomnia juga bisa disebabkan oleh sebab lain, seperti kamar tidur yang tidak nyaman, bepergian jauh di zona waktu lain, efek  obat tertentu seperti methylphenidate. 

Beberapa masalah medis, seperti diabetes, penyakit jantung, gangguan sistem saraf, GERD dan kanker, juga sering menyebabkan gangguan tidur. 

Anda harus mengetahui penyebab susah tidur  malam  agar keluhan tersebut dapat segera ditangani. Walaupun insomnia mungkin tampak sepele, namun dapat mencegah tidur yang cukup dan berkualitas. Akibatnya, tubuh  terasa lemas, mengantuk, dan sulit berkonsentrasi keesokan harinya. 

Tidak hanya itu, dalam jangka panjang, kurang tidur juga dapat membahayakan kesehatan karena dapat melemahkan imunitas tubuh dan meningkatkan risiko  penyakit serius, seperti penyakit kardiovaskular. 

Untuk mengatasi insomnia, disarankan untuk mengubah kebiasaan yang menimbulkan keluhan insomnia. Misalnya, jika Anda terbiasa minum kopi di sore hari, sebaiknya minum kopi hanya di pagi hari  atau jauh sebelum tidur. 

Jangan lupa biasakan tidur pada waktu yang sama setiap hari untuk menciptakan siklus tidur. 

Jika Anda telah mencoba berbagai cara di atas, namun masalah tidur Anda belum juga teratasi, hubungi dokter agar Anda dapat mendapatkan penanganan yang sesuai dengan penyebab gangguan tidur Anda.

Ternyata Inilah 5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari
Ternyata Inilah 5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Harga : *Belum termasuk Ongkos kirim
Pesan via whatsapp Pesan via Email
Baca juga :

Mau donasi lewat mana?

BRI - Warsito (38940-10507-29535)

Mandiri - Warsito (1370-0182-86605)

BSI - Warsito (7153-4266-72)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol merah.

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan tutur bahasa yang baik!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.